Senin, 07 Mei 2012

BAB II Landasan Teori Sistem Informasi Data Pengiriman Surat Kabar Lampung Post Pada PT. Masa Kini Mandiri Bandar Lampung Menggunakan Borrland Delphi 7.0 Berbasis Client Server

2.1  Pengertian Sistem
Sistem merupakan suatu jaringan kerja dari prosedur - prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama - sama untuk melakukan suatu kegiatan untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu. Pendekatan sistem yang merupakan jaringan kerja dari prosedur lebih menekankan urutan - urutan operasi di dalam sistem prosedur (procedure). Istilah sistem paling sering digunakan untuk menunjuk pengertian metode atau cara dan suatu himpunan elemen atau komponen yang saling berhubungan satu sama lain menjadi kesatuan yang utuh. Dengan kata lain sistem itu mengandung  sehimpunan bagian atau komponen yang saling berhubungan secara teratur dan merupakan satu keseluruhan. Suatu sistem mempunyai elemen yang meliputi tujuan sistem, batasan sistem, kontrol sistem, input, proses, output dan umpan balik.
Menurut Jogiyanto H (1990 : 1) Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur - prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama - sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu.
Sistem memiliki beberapa pengertian yang pada dasarnya mempunyai satu tujuan. Berdasarkan pengertian diatas, dapat diketahui bahwa  sistem adalah suatu jaringan kerja yang terdiri atas komponen - komponen atau elemen-elemen yang saling berinteraksi melalui tahapan - tahapan instruksi untuk menyelesaikan suatu kegiatan atau tujuan tertentu.
Tujuan dari sistem yang dikembangkan adalah untuk memenuhi kebutuhan pemakai dan memberikan gambaran yang jelas tentang rancang bangun sistem kepada programmer  dan ahli teknik lainnya.
Jalur pemakai sistem (User System Interface) dalam tekanan - tekanan desain adalah : Query (Report sederhana untuk menampilkan table), Desain Layar monitor, Help (Bantuan), Umpan Balik (pada saat sistem mempunyai respon yang baik), pengendalian kesalahan (pencegahan, deteksi, koreksi) dan Design Work Station (tempat kerja user).
2.2  Pengertian Informasi
Informasi mempunyai manfaat dan peranan yang sangat dominan dalam suatu organisasi/perusahaan. Tanpa adanya suatu informasi dalam suatu organisasi, para manajer tidak dapat bekerja dengan efisien dan efektif. Tanpa tersedianya informasi pun para manajer tidak dapat mengambil keputusan dengan cepat dan mencapai tujuan dengan efektif dan efisien. Sehingga bisa dibilang bahwa informasi merupakan sebuah keterangan yang bermanfaat untuk para pengambil keputusan dalam rangka mencapai tujuan organisasi yang sudah ditetapkan sebelumnya.
Menurut Joner Hasugian Informasi adalah sebuah konsep yang universal dalam jumlah muatan yang besar, meliputi banyak hal dalam ruang lingkupnya masing-masing dan terekam pada sejumlah  media.
Menurut Stephen A. Moscove dan Mark G. Simkin dalam bukunya Accounting Information Systems : Concepts and Practise mengatakan informasi sebagai kenyataan atau bentuk-bentuk yang berguna yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan bisnis.
Dari kedua pengertian seperti tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa informasi merupakan hasil dari pengolahan data menjadi bentuk yang lebih berguna bagi yang menerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian nyata dan dapat digunakan sebagai alat bantu untuk pengambilan suatu keputusan.
2.3  Pengertian Data
Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian - kejadian dan kesatuan yang nyata yang mewakili suatu objek yang tidak sedang digunakan pada proses pengambilan keputusan.
Menurut Drs. Zulkifli Amsyah, MIS (1997 : 4) Data adalah keterangan tertulis mengenai suatu  fakta (kenyataan) yang masih berdiri sendiri - sendiri, belum mempunyai pengertian sebagai kelompok, belum terkoordinasi satu sama lain dan belum diolah sesuai keperluan tertentu.
Menurut Teguh Wahyono (2004 : 20) Data adalah merupakan komponen dasar dari informasi yang akan diproses lebih lanjut untuk menghasilkan informasi.
Dari pengertian diatas, data merupakan bentuk yang masih mentah yang belum dapat bercerita banyak, sehingga perlu diolah lebih lanjut melalui suatu model tertentu.
2.4  Pengertian Pengiriman
Perbuatan yang mendistribusikan atau memberikan sesuatu sebagai barang atau surat pengiriman enggan tentang berita buruk.
Menurut H.M Jogiyanto Analisa dan desain Sistem informasi,Pendekatan Terstruktur dan Praktek Aplikasi Bisnis, (Andi Yogyakarta-Hall, 1999) Secara umum Pengiriman adalah segala upaya yang diselenggarakan secara sendiri atau bersama-sama dalam suatu organisasi untuk memberikan pelayanan jasa berupa pengiriman barang.
2.5  Pengertian Surat Kabar
Surat kabar merupakan penerbitanyang berupa lembaga yang berisi berita–berita karangan,iklan yang dicetak dan di terbitkan secara tetap atau lebih periodik dan untuk dijual kepada umum. Isi berita didalamnya dapat berupa kejadian–kejadian perang, politik dan pemerintahan ekonomi, kecelakaan, bencana, pendidikan serta seni kebudayaan.
Disamping itu pula, berita yang termuat dalam bidang kesehatan, ilmu pengetahuan, liburan dan olahraga. Lilngkup berita dapat menyangkut berita internasional, nasional, maupun berita darerah. Adapun fungsi dari surat kabar itu sendiri adalah untuk memberikan saran informasi yang beragam, pendidikan bagi masyarakat luas serta hiburan dan surat kabar juga dapat mempengaruhi setiap pembacanya.
Menurut Undang-undang Pers 1982, surat kabar di Indonesia adalah sebagai berikut : “Lembaga-lembaga kemasyarakatan yang mempunyai hak dan kewajiban antara lain menuntut bahwa pers membantu memperkuat kesatuan nasional dalam meningkatkan kehidupan intelektual rakyat serta mendorong kesertaan masyarakat dalam usaha-usaha pembangunan nasional.”
2.6  Pengertian Client Server
Untuk mempermudah pengolahan data dibutuhkan suatu jaringan komputer yang dapat berbagi data dan informasi dari satu komputer induk (server) ke komputer sekunder (client) atau sering disebut dengan client server.
Menurut Budi Sutedjo Oetomo (2003 : 19) Client adalah sebuah komputer dalam suatu jaringan yang mengakses file, program atau aplikasi dari computer server.

Menurut Budi Sutedjo Oetomo (2003 : 139) Server adalah suatu komputer yang berfungsi sebagai penyedia layanan untuk seluruh pemakai. Komputer ini memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dari pada komputer lain yang menjadi workstation yang terhubung padanya.

Menurut Kamus Lengkap Komputer (2002 : 56) Client Server adalah hubungan antar komputer dalam sebuah sistem jaringan, di mana server sebagai penyedia aplikasi, data dan informasi yang bisa diakses cilent.
Jadi client server adalah suatu model jaringan yang dibuat untuk dapat saling berkerjasama secara multiuser dengan fungsi yang telah ditentukan.

2.7  Gambaran Software yang digunakan
Secara umum perangkat komputer dapat dibedakan menjadi dua kelompok besar, yaitu perangkat keras atau yang selanjutnya disebut hardware, dan perangkat lunak yang lazim disebut software. Tanpa adanya software, hardware hanya benda mati biasa dan tidak dapat dioperasikan seperti yang diharapkan. Software merupakan perangkat lunak berupa sistem atau program - program yang berisi perintah - perintah untuk melakukan pengolahan data komputer.
Menurut Jack Febrian (2004:382), software adalah perangkat lunak, merupakan kumpulan perintah - perintah yang dieksekusi oleh mesin untuk menjalankan pekerjaanya.

Perangkat software yang digunakan dalam pembuatan karya ilmiah ini adalah bahasa pemrograman Visual Basic 6.0, Microsoft SQL Server dan Microsoft Office 2007. Penjelasan mengenai software yang akan digunakan akan dijelaskan lebih rinci sebagai berikut :
2.7.1  Borland Delphi 7.0
Microsoft Borland Delphi 7.0  merupakan program software perangkat lunak untuk menyusun program aplikasi yang bekerja dalam lingkungan sistem operasi. Dengan microsoft Borland Delphi 7.0 kita bisa memanfaatkan  kemampuan windows secara optimal dengan kecanggihan yang ditawarkan oleh microsoft Borland Delphi 7.0.
2.7.2  Mengenal Lingkungan Borlan Delphi 7.0
Cara mengaktifkan Microsoft Borland Delphi 7.0 dapat dilakukan dengan cara klik → start → program → microsoft Borland Delphi 7.0, lalu enter / klik. Kemudian muncul-muncul window-window yang terpisah-pisah yang merupakan bagian-bagian dari microsoft Borland Delphi 7.0. Bagian-bagian tersebut dapat dilihat gambar.1 dibawah ini:
Kemudian muncul menu microsoft Borland Delphi 7.0 dan kemudian kita memilih icon standard.exe maka akan tampil project dan form yang berarti siap digunakan, lihat pada gambar.2
2.7.3  Bagian Aplikasi Borland Delphi 7.0
Pada microsoft Borland Delphi 7.0 bagian-bagian aplikasi yang berfungsi sebagai aplikasi pendukung aplikasi Microsoft Borland Delphi 7.0. Setiap bagian tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Bagian-bagian tersebut terdiri dari beberapa bagian  yaitu:
a.       Main Menu
Di dalam main menu, terdapat fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh Borland Delphi 7.0.Untuk mengontrol serta menangani masalah yang berhubungan dengan pekerjaan kita, contohnya menu untuk menyimpan dan lain-lain.

b.      Form  Designer
Form  merupakan object yang dipakai sebagai latar belakang dari tampilan suatu aplikasi atau merancang program aplikasi . Form merupakan meja kerja yang dapat diisi dengan komponen-komponen.

Gambar 4
Tampilan Form Designer
c.       Toolbox
Toolbox adalah merupakan jendela yang menampung objek-objek control yang digunakan pada saat mendesain form.default toolbox ini berada disebelah kiri layer. Setiap objek diwakili oleh sebuah icon. Untuk menempatkan objek kedalam form, klik ganda pada sebuah icon objek control yang akan disisipkan / klik icon kemudian menggambarkannya di form dengan cara drag.


d.      Jendela Propertis
Jendela properties merupakan jenis-jenis properties yang dimiliki oleh suatu objek. Jendela ini digunakan untuk mengubah suatu objek pada saat mendesain form.
Gambar.5 Tampilan Jendela Properties
2.8  Microsoft SQL Server 2000
Dengan menggunakan SQL Server 2000 merupakan alternatif yang dijadikan acuan karena. sangat mudah untuk digunakan dalam satu komputer dengan sistem operasi seperti windows xp sehingga dalam mempraktekkanya tidak perlu dilakungan jaringan komputer.



Gambar.6 SQL Server 2000
Jadi SQL Server 2000 merupakan pemrograman database yang memiliki fasilitas proteksi, aman dan murah secara khusus terhadap data‑datanya.
2.9 Konsep Perancangan Sistem
Pembuat suatu sistem memerlukan suatu rancangan secara baik sehingga dapat menghasilkan sisterm yang baik. Untuk memperoleh rancangan sistem yang baik diperlukan perangkat‑perangkat suatu sistem informasi terstruktur.
Perancangan sistem tersebut dibutuhkan alat‑alat pengembangan sistem yaitu :

a.       Diagram Arus Dokumen
Merupakan suatu diagram yang digunakan untuk mempermudah alir data dan menunjukan arus dari laporan dan formulir termasuk tembusan‑tembusannya. Diagram arus dokumen ini menggunakan simbol yang sama dengan yang digunakan didalam bagan alir sistem yang disajikan dalam gambar berikut ini.
Tabel 1. Simbol-Simbol Diagram Arus Dokumen
Simbol
Keterangan


Menunjukkan suatu dokumen input dan output baik untuk proses manual, mekanik atau komputer.


Menunjukkan suatu proses yang dilakukan dengan komputer.


Menunjukkan suatu kegiatan yang dilakukan secara manual.


Menunjukkan input, output menggunakan disket


Simpanan arsip sementara atau arsip tetap.

Menunjukkan harddisk sebagai media penyimpanan.

Menunjukkan penghubung ke halaman yang masih sama atau ke halaman lain.

Menunjukkan suatu pilihan.


Menunjukkan awal atau akhir suatu proses.



Menunjukkan arah dari proses.

b.      Diagram Konteks
Diagram Konteks merupakan diagrarn yang hanya menggambarkan hubungan input dan output antara lingkungan dalam sistem dengan lingkungan luar sistem, dalam arti bahwa diagram konteks, hanya mendeskripsikan secara garis besar daripada sistem tersebut.
Tabel 2. Simbol-Simbol Diagram Konteks
Simbol
Keterangan
External Entity
 merupakan lingkungan yang beracia diluar sistern yang mempengaruhi sistem yang ada didalamnya.

Proses
merupakan kegiatan yang terjadi didalam sistem baik secara manual ataupun komputer secara keseluruhan.





Garis Alir
Menunjukkan arus dari proses


c.       Data Flow Diagram
Data Flow Diagram merupakan aliran data antara external entity, proses, arus data dan media penyimpanan. Data Flow Diagram sering digunakan untuk menggambarkan suatu sistem yang telah ada atau sistem baru yang akan dikembangkan secara logika tanpa mempertimbangkan lingkungan fisik dimana data tersebut mengalir (misalnya lewat telpon, surat, dan sebagainya).
Tabel 3. Simbol-Simbol Data Flow Diagram
Simbol
Keterangan

External Entity
 merupakan lingkungan yang berada diluar batas sistem yang mempengaruhi operasi sistem.

Proses
merupakan kegiatan yang terjadi didalam sistem baik secara manual ataupun komputer
Data store merupakan media penyimpanan data




Data flow
Aliran data yang digunakan berupa kalimat
pasif sehingga tidak menunjukkan bahwa itu suatu kegiatan
d.      Kamus Data
Kamus data merupakan alat komunikasi bagi pemakai dan analis sistem sehingga pemakai dapat memahami semua data yang mengalir dalam sistem dengan lengkap.Kamus data harus mencerminkan keterangan yang jelas tentang data yang dicatatnya untuk maksud keperluan ini, maka kamus data dapat memuat hal‑hal berikut:
-          Nama Arus Data
Kamus data dibuat berdasarkan arus data yang mengalir di data arus dokumen, maka nama dari arus data juga. harus dicatat di kamus data, sehingga mereka yang membaca data arus dokumen dan memerlukan penjelasan lebih lanjut tentang suatu arus data.
-          Aias
Alias atau nama lain dari data dapat ditulis bila nama lain ini ada. Alias perlu ditulis karena data yang sama mempunyai nayna yang berbeda untuk orang atau departemen satu dengan yang lainnya.
-          Bentuk Data
Telah diketahui bahwa arus data dapat mengalir dari kesatuan luar ke suatu proses, hasil dari suatu proses ke kesatuan luar, hasil suatu proses ke proses yang lainnya, hasil suatu proses yang direkamkan ke simpanan data, dari simpanan data dibaca oleh suatu proses.
-          Arus Data
Arus data menunjukan dari mana data mengalir dan kemana data akan menuju.
-          Penjelasan
Arus data menunjukan dari mana data mengalir dan kemana data akan menuju.
-          Periode
Periode ini menunjukan kapan terjadinya arus data ini.
-          Volume
Volume rata‑rata menunjukkan banyaknya rata‑rata arus data yang mengalir dalam satu periode tertentu dan volume puncak menunjukkan volume yang terbanyak.
-          Struktur Data
Struktur data menunjukan arus data yang dicatat di kamus data terdiri dari item item data apa saja.
e.       Entity Relationship Diagram (ERD)
Diagram ini menunjukkan hubungan antara, entitas‑entitas yang ada dalam sebuah sistem. Entity Relationship Diagram terdiri dari entitas dan relasi, kedua komponen ini dideskripsikan lebih jauh melalui atribut.
-          Entitas
Merupakan individu yong mewakili suatu terkecil yang nyata, eksistensinya dapat dibedakan dari suatu terkecil yang lain.
-          Atribut
Atribut sering digunakan dalarn basis data untuk menunjukkan fungsinya dalam membentuk karakteristik (sifat‑sifat) yang melekat pada sebuah tabel.
-          Relasi
Hubungan antara sejumlah entitas yang berasal dari himpunan entitas yang berlainan.
-          Derajat Relasi
Menunjukkan hubungan maksimurn entitas yang dapat berelasi pada himpunan entitas lain.
Berikut ini gambar simbol ‑ simbol entity relationship diagram antara lain :
Tabel 4. Simbol-Simbol Entity Relationship Diagram.
Simbol
Keterangan

Menunjukkan suatu entitas

Menunjukkan suatu hubungan atau relasi
Menunjukkan Penghubung

Menunjukkan atribut yang mewakili suatu entitas

Beberapa bentuk relationship yang biasa digunakan dalam perancangan sistem secara umum :
1.      Relationships One To One (1 : 1)
Type relasi ini, suatu entity hanya bisa berelasi dengan satu entity lainnya.
2.      Relationships One To Many (1 : m) atau Many To One (m: 1)
Bentuk relasi ini, satu entity memiliki relasi lebih dari satu entity lainnya.
3.      Relationships Many  To Many (m : m)
Bentuk relasi ini, banyak entity dapat berelasi dengan banyak entity lainnya

0 komentar:

Posting Komentar